Minggu, 04 November 2012

Analisis studi kasus Program Visual Basic


   Ok, untuk posting kali ini saya akan menganalisis sebuahprogram Visual Basic dan berikut adalah soal analisa yang dosen saya berikan; 
  1. Apa yang menyebabkan program error pada btalamat1_click baris program alamat = “Kuningan”? 
  2. Kenapa saat ditekan tombol nama1 dan nama2 nama yang ditampilkan pada textbox nama berbeda sedangkan saat ditakan tombol alamat1  dan alamat2 alamat yang ditampilkan pada textbox alamat sama? 
  3. Kenapa saat ditekan tombol tambah umur 1  umur selalu keluar angka 1 sedangkan saat ditekan tombol umur 2, umur selalu bertambah 1 dari umur sebelumnya? 
  4. Berilah analisa anda untuk form dua?


Berikut adalah tampilan dari form 1,  
 

 

 

1.  Yang menyebabkan program error pada variabel  btalamat1_click baris program alamat = “Kuningan” yaitu pada btalamat1_click tidak ada pendeklarasian variabelnya yaitu scriptnya “Dim alamat As String” / type const tidak dapat mewakili untuk alamat

2. Untuk nama1 dan nama2 berbeda karena nama dalam form1 hanya menggunakan pendeklarasian “Dim” yang hanya dikenal di variabel itu saja, sedangkan pada module menggunakan “Public Const” sehingga dikenal disemua program.Sedangkan pada alamat dalam form1 sudah menggunakan “Const” dan pada module “ Public Const” digunakan kembali sehingga untuk alamat itu tidak berpengaruh. 

3. Karena pada tombol umur 1 hanya menggunakan; Dim umur As Integer jadi "umur +=1" hanya angka 1 yang muncul, dan apabila angka 1 diganti 2,begitu juga angka 2 saja yang muncul. Sedangakan, pada tombol umur 2 menggunakan; 
Static umur As Integer jadi "umur +=1"
Sehingga angka tersebut akan bertambah secara urut sampai tak terhingga dan tak hilang selama program dijalankan.

               4.  Karena terdapat Coding Option Explicit Off yang berarti bahwa variabel pada FormDua tidak perlu kita definisikan dan program akan langsung mengambil definisi variabel-variabel itu dari variabel Public yang terdapat dimanapun. Pada program ini variabel-variable tersebtu terdapat pada Module1. Sehingga pada saat kita menekan tombol Nama atau Alamat atau Umur, nilai yang keluar adalah nilai yang terdapat pada Module1.
         
             Nah, sekarang analisa program penjualan, berikut adalah gambar dari program nya berikut adalah tampilannya, 



 

















Ketidak validan dari program pada latihan 2 if dan case yaitu pada combobox "TAS" tergolong "0" karena TAS tidak dideklerasikan,muncul "0" karena case memilih namabarang = 0.
Pada saat program dijalankan,setelah jumlah barang diisi pada textbox total bayar sudah langsung menampilkan jumlah sebelum kita pilih Tunai ataupun Kredit.

Cara memperbaiki dengan cara menghapus txttotalbayar.Text=Val(txtharga.Text)-Val(txtdiskon.Text) pada txt jmlbarang.

Pada saat kita klik tombol Clear ternyata total bayar masih ada angka 0 jika klik 1x cara perbaikan menaruh txtdiskon.clear() dan txttotalbayar.clear()kelemahan if dan case adalah jika data yang harus dimasukkan banyak maka ini akan memakan waktu lama jika terjadi eror maka tidak bisa langsung diketahui dimana bagian eror tersebut.

Baca selengkapnya »

0 komentar:

Poskan Komentar

Silakan tinggalkan komentar anda sesuai posting.

Copyright © ★ PoemQey Blog ★ 2010

Template By Nano Yulianto